Kamis, 07 Januari 2010

Banyak Proyek Tahun 2009 Tak Rampung Di Kimprasda Sidrap

SIDRAP (PEDOMAN) Tak terbayangkan, bahwa untuk mengukur sesuatu yang akan di capai itu, haruslah terlebih dahulu di ketahui jumlah Volume yang akan di kerjakan.. Hal ini berdasarkan hasil pantauan beberapa Proyek Fisik yang ada di Bumi Nene Mallomo Sidrap, sudah harga mati yang menjadi agenda Pemerintah kabupaten, Khususnya pada Dinas Kimprasda, yang merupakan pekerjaan rutinitasnya setiap tahunnya untuk di kerjakan.
Hanya dengan tidak adanya tertera jumlah Volume yang akan di kerjakan di setiap lokasi proyek, hampir semua papan Proyek untuk tahun 2009 ini, tak tertuliskan dengan jumlah Volume pekerjaan, hal ini menjadi tanda tanya kepada semua pihak, kenapa hal ini musti terjadi, apa karna factor kesengajaan atau keterbiasaan untuk tidak melukiskan data-data yang sebenarnya yang akan di kerjakan, bagaimana bisa masyarakat sebagai pengguna, mengetahui hal itu, karna sesuatu pekerjaan yang di kerjakan baik melalui Proyek dari Pemkab sendiri maupun dengan melalui PNPM, ini harus menjadi pengawasan semua pihak, karna itu, dengan kualitas dan kuantitas suatu pekerjaan yang di kerjakan itu, yang menikmati hasilnya adalah masyarakat itu sendiri, atau semua pengguna jalan, dan sebaliknya jika pelaksanaan proyek itu hanya sebagai pormalitas saja, sebaiknya proyek itu di tiadakan saja, karna hanya untuk mensengsarakan orang banyak dan tak menutup kemungkinan hanya pemborosan uang Negara..
Seperti yang terlihat di mana-mana proyek itu di kerjakan, papan proyek itu, tidak bertuliskan di volume Kerja, hanyalah besaran anggaran yang di pajang untuk menghiasi arti sebuah pembangunan.
Hal lain dalam pemantauan ini, juga di dapatkan adanya pekerjaan proyek yang tidak terselesaikan dengan tepat waktu, berdasarkan waktu kontrak kerja yang di sepakati sesuai juklisnya. Dan ini sebagai tanda Tanya besar, apakah dengan tidak adanya tercantung volumen kerja itu, sebagai siasat untuk mengelabui warga dalam pelaksanaan proyek tersebut. Untuk itu, disarankan untuk tahun berikutnya, dalam pelaksanaan proyek, harus mencantungkan Volume kerja yang akan di kerjakan.. (Risal Bakri)
.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda